7 Tips Belanja Furniture Hemat

7 Tips Belanja Furniture Hemat

Belanja furniture itu gampang-gampang susah. Bisa mudah kalau kita benar-benar tahu kebutuhan dan kemampuan finansial kita. Tapi, di satu sisi juga bisa sangat susah kalau kita tidak benar-benar tahu furniture mana yang tepat serta adanya keterbatasan dana. Nah, alasan yang terakhir ini yang kerap kali menjadi pertimbangan besar orang saat berbelanja furniture.

 

Furniture adalah barang yang tidak murah. Sebagian menganggapnya sebagai investasi. Oleh karena itu, kita harus bisa mengelola pengeluaran pembelanjaan furniture dengan maksimal. Jangan sampai kita mengeluarkan banyak uang untuk barang yang tidak tepat. Buang-buang uang saja namanya. Kalau kata ibu-ibu, semakin hemat semakin baik.

 

Buat Anda yang ingin membeli furniture dengan tepat dan lebih hemat, sebaiknya pikirkan beberapa hal berikut ini:

 

1. Prioritaskan Furniture yang Dibutuhkan

Memang kalau kita pergi ke toko furniture atau melihat katalog furniture di internet rasanya ingin sekali memborong semuanya. Kalau tidak mempertimbangkan harga, mungkin kita bisa membeli semua furniture tersebut. Tapi karena harga furniture itu relatif mahal, berbelanja furniture tidak bisa langsung sekali borong begitu saja. Kecuali kalau bagi Anda uang itu bukan masalah.

 

Prioritaskan apa furniture yang paling dibutuhkan. Dahulukaan membeli furniture yang paling penting. Sisanya bisa kita beli di kemudian hari sambil mengumpulkan uang. Tidak apa-apa, furniture yang kita  inginkan akan selalu ada di kemudian hari. Jangan jangan enggan untuk menunggu dan menabung.

 

2. Ketahui Ukuran Ruangan

Sebelum membeli, pahami betul luas ruangan untuk memperkirakan jenis, bentuk, dan jumlah furniture yang akan muat dan cocok ditempatkan pada ruangan. Kalau memang ruangan terbatas, prioritaskan furniture yang paling penting dengan ukuran yang tidak terlalu memakan tempat. Karena furniture yang berukuran besar cenderung memiliki harga yang lebih mahal pula. Saat ini banyak toko furniture yang menjual furniture bergaya minimalis dengan harga yang lebih terjangkau. Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan furniture save saving dengan bahan ramah lingkungan.

 

3. Beli Satu Set Lebih Hemat

Beli dalam jumlah besar atau satu set selalu harganya lebih mudah dibandingkan dengan beli satuan. Sama halnya dengan furniture. Biasanya toko furniture membuat promo paket atau set yang terdiri dari beberapa furniture dengan harga lebih terjangkau. Manfaatkan promo seperti ini! Tapi ingat, Anda juga tetap harus memperhatikan kombinasi furniture dalam satu setnya. Apakah promo set tersebut memang menguntungkan Anda? Apakah kombinasinya satu seri atau tidak? Kalau tidak, apakah kombinasinya cocok satu sama lain? Misalnya saja, Anda tentu ingin membeli satu set living room dengan 3 sofa satu seri bergaya kontemporer dan meja tamu atau meja samping yang bergaya kontemporer juga bukan? Perhatikan hal-hal seperti ini juga!

 

4. Tidak Ada Salahnya Membeli Furniture Bekas

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli furniture bekas. Jangan terburu-buru berpikiran kalau furniture bekas itu semuanya buruk. Furniture bekas di sini yang dimaksud tentunya furniture yang masih layak pakai dan secara fisik masih bagus. Furniture bekas juga biasanya berasal dari rumah sitaan Bank yang dilelang untuk publik. Bahkan furniture hasil sitaan ini sebenarnya merupakan furniture mewah yang kualitasnya sangat baik. Jika beruntung, Anda bisa membeli furniture minimalis terbaik dengan harga lebih terjangkau.

 

5. Bandingkan Harga di Internet

Aturan yang harus selalu diingat, sebelum membeli lakukan riset harga terlebih dahulu. Saat ini kita sudah sangat dimudahkan dengan teknologi untuk melakukan riset harga di pasaran. Anda harus pandai dalam riset atau survei harga furniture offline maupun online. Dengan melakukan riset, Anda bisa mendapatkan perbandingan harga, melihat ulasan atau review produk, sehingga bisa menjadi pertimbangan pengambilan keputusan dalam membeli furniture tersebut.

 

6. Belanja di Showroom Penjualan

Setelah melakukan riset harga, kalau memungkinkan Anda bisa langsung datang ke showroom penjualan untuk melihat langsung kondisi fisik furniture-nya dan mempelajari detail produk dengan lengkap. Selain itu biasanya pihak toko memberikan promo spesial untuk pembelian secara langsung di showroom.

 

7. Belanja Saat Pameran atau Promo

Pastinya momen ini tidak boleh dilewatkan kalau mau belanja furniture lebih hemat. Sepertinya ini tidak hanya berlaku pada furniture saja, tapi hampir semua orang pasti akan cenderung memilih membeli pada saat promo atau diskon. Tapi, Anda juga perlu memastikan apakah diskonnya memang menguntungkan Anda atau tidak. Anda perlu rajin mengecek periode-periode promo atau launching katalog baru dari sebuah toko furniture agar beruntung mendapatkan penawaran menarik.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can we help?